Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

LKPD Menganalisis Gejala Kerusakan Transmisi Manual Berbasis Discovery Learning

LKPD (LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK)
BERBASIS DISCOVERY LEARNING

Materi
Menganalisis Gejala Kerusakan Transmisi Manual

LKPD Menganalisis Gejala Kerusakan Transmisi Manual Berbasis Discovery Learning


A. Stimulasi
Seperti yang dialami mobil pak Yoga setiap harinya digunakan untuk pergi kekantor. Beberapa hari belakangan terdapat masalah pada transmisinya gigi 2 lompat kembali netral, dan juga saat masuk gigi 4 timbul bunyi greg (krek). Sebelum dilakukan perbaikan komponen transmisi manual disebut juga dengan istilah servis berat atau overhaul. Tentu saja penentuan kerusakan komponen penyebab timbulnya gejala tersebut harus dilakukan dengan teliti. Pemeriksaan komponen transmisi manual dapat dilakukan secara visual (dilihat langsung) maupun melalui pengukuran-pengukuran. 

B. Pernyataan/Identifikasi Masalah
Berdasarkan cerita diatas, Berdasarkan cerita di atas, timbullah pertanyaan:
1. Mengapa terjadi gejala gigi 2 lompat kembali netral?
2. Mengapa saat masuk gigi 4 timbul bunyi greg (krek)?
Berdasarkan pertanyaan di atas, tulislah hipotesis atau dugaan sementara terkait pertanyaan di atas!
1. ..................................................................................................
2. ..................................................................................................

C. Pengumpulan Data
Amatilah Video yang ditampilkan oleh guru, lalu tuliskan apa yang kalian dapatkan dari melihat video tersebut!
1. https://youtu.be/8NVPSjPLYrg (Memperbaiki transmisi gigi loncat)
2. https://youtu.be/0Bqs-oHBBQk (cara kerja sinkromesh unit)
3. https://youtu.be/C9lFkPXk8Aw (Gigi transmisi netral sendiri)


D. Pengolahan Data
Diskusikan bersama teman kelompok kalian mengenai pertanyaan-pertanyaan tadi, lalu kaitkan dengan hasil yang kalian dapatkan dari melihat video.

E. Verifikasi
Lakukan pemeriksaan terhadap komponen transmisi manual, terutama komponen yang dihipotesis. Kemudian persentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas, lalu kaitkan kembali dengan hipotesis yang telah kalian buat.


F. Generalisasi
Tuliskan kesimpulan yang kalian dapatkan dari diskusi yang telah kalian lakukan!

 


G. Laporan hasil penemuan
Susunlah laporan hasil penemuanmu secara ringkas!
Cover/Sampul yang bisa dipakai Langkah belajarnya: